Arief Mana

Kamis, 16 Mei 2013

Belajar Naik Sepeda di Usia Dewasa





Pada dasarnya belajar naik sepeda itu tidak sulit. Akan tetapi lain cerita bagi yang  sudah remaja ataupun sudah dewasa “Mungkin” akan terasa sangat sulit. Bukan hanya terasa sangat sulit TAPI dapat BONUS CANDAAN dan EJEKAN oleh teman-teman maupun orang lain yang melihat saat Belajar Sepeda roda dua. Terkadang BONUS CANDAAN dan EJEKAN dari teman-teman yang menjadi TEKANAN.  Sehingga seseorang menjadi MALU dan PASRAH kalau tidak bisa naik sepeda seumur hidup.

KUNCI untuk bisa menaiki sepeda adalah KESEIMBANGAN, oleh karena itu seseorang sepertinya perlu bertanya dengan cermat pada eyang Google tentang TIPS supaya bisa naik sepeda dan menyeimbangkan badan dengan cepat. Bagi seseorang yang pendiam supaya tidak malu dilihat orang baiknya latihan di tempat yang sunyi. Kemudian dapat mengambil  tempat latihan di lapangan LUAS dan kalau TERJATUH pun tidak akan sakit (semoga aja hehe).

Berikut ini adalah cara ataupun langkah-langkah Belajar Bersepeda yang baik:
Langkah pertama, belajar KESEIMBANGAN. JANGAS GOES dulu sepedanya, tapi Jalanin sepedanya dengan kedua kaki (Seakan2 PEDALnya gak ada). Lalu dorong sepedanya kedepan dengan pelan2, angkat kedua kaki dan cobalah sambil menyeimbangkan sepedanya dengan kedua tangan. Apabila pedal terasa mengganggu maka dapat dilepas dua-duanya. Itu dapat dilakukan terus menerus di dalam rumah (saran buat yang punya rumah besar). Selain dalam rumah bisa juga cari lokasi jalur yang akan dilalui sepeda sedikit menurun, karena tidak perlu sering-sering mengayunkan kaki untuk meluncurkan sepeda. Kalau udah MANTAP KESEIMBANGAN bisa lanjut  menuju TKP (lapangan).
Langkah kedua, belajar mengayuh pedal sepeda. Cobalah meluncur dengan meletakan kedua kaki pada pedal sepeda sambil pelan-pelan mengayuh pedalnya. Biasanya pada pada saat kaki mulai mengayuh keseimbangan badan bisa terganggu. Posisi tangan pada stang usahakan santai, jangan tegang. Bila stang dipegang erat-erat artinya posisi tangan dalam keadaan tegang, dan akan susah mengendalikan stang.
Langkah ketiga, belajar tetap di jalurnya pada saat mengayuh sepeda. Setelah bisa keseimbangan dan mengayuh sepeda, langkah berikut adalah mengayuh sepeda tetap pada jalurnya atau lurus tidak belok kiri kanan. Mintalah bantuan teman untuk bersepeda bersama di samping kanan untuk membantu menjaga posisi sepeda tetap di jalurnya pada saat meluncur dan mengayuh. Apabila sudah lurus dan stabil tidak belok kanan dan kiri selama mengayuh sepeda, artinya sudah bisa mencoba di jalan raya. 

Akhirnya singkat cerita motor memanggil anda minta dinaikin tapi jangan motor orang ya entar dikira maling jemuran. Uups maling motor maksudnya :D

Pepatah mengatakan tidak ada kata terlambat untuk belajar, tidak perlu malu pada umur untuk belajar sesuatu. Jangan Jadi orang yang PASRAH , anda HARUS BELAJAR untuk bisa. “Kalau orang bisa kenapa anda tidak, bahkan anda bisa lebih baik”. BUKTIKAN ANDA BISA !!!
Semangat ya……

37 komentar:

  1. Bgaimna jika bljar sepdax d'jln yg trunan, apa sma aja????

    BalasHapus
  2. Bisa saja tp itu risikonya lumayan kalau msh belum mantap menyeimbangkan badan. Menurut aku trik yg lbh aman ya itu :)

    BalasHapus
  3. mas untuk yang berbadan gendut / gemuk gimana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf baru balas, sibuk kerja melanda. He... Sama aja mas krn semua pd dasarnya hrs seimbang. Yg penting rileks jd cepat bisanya.

      Hapus
  4. Balasan
    1. Jarang buka blog sekarang jd lelet balas. Iya sama2, ku berbagi pengalaman pribadi n semoga berhasil :D

      Hapus
  5. emg mas arif belajar sepeda usia berapa? kalau dari kecil sama sekali belum pernah naik sepeda kira2 kalau latihan diusia dewasa apakah tetap bisa?

    BalasHapus
  6. Pas aku umur 20an, ini pengalaman ku pribadi bro. Dlu ku bljr keseimbangan hanya semenit tiap hr dlm rmh selama 4 hr, ckp goes aja dulu nga usah pake pedal sepeda. Pas ku merasa sdh seimbang, esoknya ku go lapangan dan akhirnya stlh 3 kali mncoba pada hr itu lgsg berhasil. Harus optimis bro n ikuti langkah di atas. Kalau ku bisa, mas bro jg pasti bisa. Selamat mncoba :-)

    BalasHapus
  7. Mantap infonya bro...ane jg br mau belajar nih...hikss...bro boleh ya kasih masukan buat blognya...kl bisa backgroundnya jgn terlalu rame, soalnya warna huruf hampir serupa sama bg, jd kurang nyaman pas bacanya...maaf ya bro cuma masukan aja.

    BalasHapus
  8. kalo lama tidak bersepeda apa masi bisa seimbang bang

    BalasHapus
  9. aku udah belajar semingguan tp masih belum bisa belok,kasih solusinya dong?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sering mencoba aja, nanti jg bisa. Usahakan tangan jgn kaku ya biar mudah belok :)

      Hapus
  10. makasih informasinya,semoga bermanfaat

    BalasHapus
  11. info bagus , manfaat bagi yang masih belajar ngayun sepedah

    BalasHapus
  12. Oh pantesan aku gagal terus, mungkin karena langsung goes :D
    Siap praktek hihi
    Thanks yaa infonyaaa,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf ku telat luar biasa mmbalas soalnya sibuk di kerjaan.He.. Iya.... Semoga bermanfaat :)

      Hapus
  13. Gimana kalau usia 30 an y, masih bisa apa gak y menyeimbangkan tubuh belajar sepeda... Trus kalau gak bisa naik sepeda,, gak bisa jga y naik motor

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf ku telat luar biasa mmbalas soalnya sibuk di kerjaan.He.. Masih bisa banget, umur gak trlalu mempengaruhi yg penting kan usahanya. Emm bisa juga langsung naik motor tapi risikonya lumayan sih. Mending dr sepeda aja bljr menyeimbangkan krn yg pasti sepeda itu lebih ringan daripada motor. Ya semoga cepat bisa ya n semangat :)

      Hapus
  14. Gimana kalau usia 30 an y, masih bisa apa gak y menyeimbangkan tubuh belajar sepeda... Trus kalau gak bisa naik sepeda,, gak bisa jga y naik motor

    BalasHapus
  15. bang minta kontaknya dong, WA aja kalo bisa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Line aja ya, ariefmana. Bisa aja nanya2 dsna

      Hapus
  16. Makasih info ny ya mas,jd pngen belajar.. kirain cuma aku aja yg ga bisa

    BalasHapus
  17. Makasih info ny ya mas,jd pngen belajar.. kirain cuma aku aja yg ga bisa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sama2... Byk di sekitar kita sebenarnya yg gak bisa, kalau sdh belajar insyaAllah cepat bisa :)

      Hapus
  18. sebenernya bisa aja kalo bawa motor itu cuman 1 yaitu keinginan yg kuat untuk belajar dan membuang semua pikiran yg tak berguna untuk fokus bisa bawa motor brooooo

    BalasHapus
  19. Thx utk infonya.. jgn lupa mampir yuk ke http://elementmtb.com/jangan-salah-ini-lho-usia-yang-tepat-anak-boleh-diajarkan-bersepeda/

    BalasHapus
  20. kak kalo udh bisa mengayuh sepeda tapi belom bisa nge rem(belom bisa turun dari sepeda),itu gimana tipsnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba aja terus nanti jg bisa dan akhirnya jd terbiasa. Tinggal sedikit lgi perjuangannya :)

      Hapus
  21. Kang saya ingin bertanya lewat line.. Semoga akang sempat membalas 😊

    BalasHapus
  22. Saya mau belajar tapi malu umur saya sdh 16 tahun tapi setelah melihat blog ini bnr juga ya tdk ada yg tdk mungkin dan tdk ada kata telat untuk belajar......semangat bljr.....

    BalasHapus
  23. Pengen belajar walaupun udah baca motivasi sana sini kok aku masih ragu terus yah

    BalasHapus
  24. How to win at Baccarat? - Wilmarion
    1 answerBaccarat 메리트카지노총판 involves two worrione decks of cards: a standard deck of 52 cards and a standard 온카지노 52-card deck (with

    BalasHapus